Loading...
world-news

BERITA KAMPUS

PERTIMBANGKAN HAL INI SETELAH KAMU TAMAT SMA

saat ini kamu lagi duduk di bangku kelas 12. yapss kurang dikit lagi kamu akan lulus dan menepuh pendidikan yang lebih tiggi di dunia perkuliahan. Lalu kira-kira apa aja nih yang bisa membuatmu untuk mempersiapkan setelah lulus dari SMA yuk simak berikut ini.

-         Tujuan, passion, dan motivasi

Sebelum kamu memutuskan kuliah atau bekerja, kamu perlu mengetahui tujuan besar kamu. Mungkin kamu membutuhkan waktu  lama untuk mengetahui arti dan motivasi hidup. Tetapi cobalah untuk menggunakan waktu yang tersedia untuk  menemukan jawabannya dengan cepat.

-         kepuasan dan kesejahteraan

Memilih kuliah atau bekerja pikirkan juga profesi mana yang akan memberi kamu kepuasan dan kemakmuran. Seperti yang  dijelaskan pada pertanyaan pertama, belajar tidak menjamin  pekerjaan yang tepat. Tetapi kuliah dapat menawarkan pengalaman belajar yang berbeda dari mereka yang tidak berkuliah.

-         faktor uang dan waktu

Memilih bekerja atau kuliah untuk sesuatu selain  tujuan hidup adalah masalah waktu. Pertimbangan lainnya adalah jika Anda memutuskan untuk kuliah, kamu harus memanfaatkan waktu belajar kamu sebaik-baiknya agar bisa lulus sesuai perkiraan waktu. Selama studimu, kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk bereksperimen dan menemukan. Kamu bisa mengisi waktumu dengan berbagai aktivitas. Misalnya, jika kamu melakukan magang di sela-sela studi atau memutuskan pekerjaan paruh waktu.

-         pilihan kalian berarti

Kuliah atau bekerja bukanlah pilihan  hitam putih. Tidak ada pilihan yang sepenuhnya salah, dan tidak ada yang sepenuhnya benar. Selain itu, opsi dan peluang berkembang seiring waktu. Misalnya, ada sekolah kejuruan yang memberi Anda kesempatan untuk langsung bekerja sepulang sekolah. Sehingga dapat mengakomodir anda yang ingin langsung bekerja setelah kuliah.

Baca Juga